Thursday, October 20, 2005

Rontokbro Menyerang UNAI

Mulai minggu lalu di Laboratorium Komputer Universitas Advent Indonesia (UNAI), komputer-komputer terjangkit oleh virus Rontokbro. Virus ini mengakibatkan komputer yang terserang restart ketika menjalankan aplikasi tertentu. Tapi setelah beberapa hari, mahasiswa jurusan komputer UNAI mulai dapat mengatasi serangan virus ini. Perlu diketahui bahwa antivirus dari produsen terkenal tidak dapat mengenali varian dari virus ini. Karena antivirus yang digunakan yaitu Norton Antivirus 2005 dengan update terbaru hanya mengenal varian virus Rontokbro sampai versi d sedangkan varian yang menyerang sudah sampai versi g.
Sekarang virus ini sudah bisa diatasi dengan cara manual yaitu dengan menghapus file yang terjangkit. Masalah yang dihadapi adalah virus ini mendisable option tools dari explorer sehingga komputer yang terjangkit tidak dapat mengakses option untuk membuka file hidden padahal semua file virus adalah hidden file.

Tools yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah:
1. Microsoft AntiSpyware Beta 1 --> Tools ini digunakan untuk menghentikan virus service yang dijalankan oleh virus
2. RegistrarLite --> Tools ini digunakan untuk mengedit registry karena virus ini juga mendisable regedit windows.

Sampai saat ini, virus ini masih menimbulkan masalah pada banyak komputer di UNAI. Untung saja ada Arthur Renaldy yang dapat menggunakan tools-tools di atas dengan baik.

No comments: