Sunday, December 04, 2005

Our Struggle !!!

Dulu sebelum UNAI online 24 hours, jurusan ilmu komputer UNAI sudah punyai e-mail sendiri. Setiap mahasiswa dapat memilih alamat e-mail yang ingin digunakan, tentu saja bila alamat e-mail itu belum digunakan oleh mahasiswa lain. Kebetulan waktu itu gw masih tingkat 1 jadi taunya cuman make aja. Yang gw tau itu kalo gw mau ngakses harus buka internet explorer terus ngetik ip dari mail servernya (Gw lupa ipnya nich, kalo loe ada yang inget kasi tau gw ya). Nah tampilannya itu ada tulisan squirrelmail webmail for nuts, terus dibawahnya ada kotak buat isi login dan passwordnya.
Nah alamat e-mail dulu berakhiran @cs.unai.edu, akhiran cs itu kependekan dari computer science. Cara penggunaannya lumayan gampang setelah login terus kita masuk ke tampilan webnya dimana kita bisa melihat isi dari inbox kita (kalau penasaran ama gambarnya bisa dilihat di bawah).



Login page & Read Messages Modul


Kemudian kita bisa menulis surat juga membuat folder baru, ya.. kalo dilihat sekilas sich mirip2 tampilan yahoo, cuman yang ini lebih simple dan bebas iklan.
Waktu itu gw gak tau cara kerja dari mail server ini, tapi yang gw tau e-mail yang kita kirim itu di upload setiap sore. Jadi e-mail yang kita kirim hari ini baru bisa dibaca orang ketika malam hari atau keesokannya, kasian banget ya waktu itu. Koneksi internet di kampus kita waktu itu hanya menggunakan dial-up centrin. Jadi bisa dibayangkan sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka internet. Itu juga kita gak bisa terus2an make internetnya. Karena akses internet hanya ada di warnet dan menggunakan koneksi dial-up pemakaian kita dibatasin dan hanya online jika ada customer. Kasian banget ya...... Dan kita juga harus terima kalo e-mail yang dikirim orang sampainya juga telat. Tapi it's OK selama kita masih bisa pakai, itu lebih baik dari tidak ada sama sekali.
Oh iya dulu waktu gw masih tingkat 1, gw masih inget banget kalo webmail itu jadi tempat buat simpan gambar dan juga buat ngumpulin tugas. Karena masing-masing orang punya login masing-masing maka webmail itu jadi seperti private folder setiap orang.
Seingat gw, webmail ini masih bisa dipake sampai kita tingkat 1 semester 2. Karena dosen yang mengkonfigurasi mail servernya pindah sewaktu gw baru masuk jadi mahasiswa hanya tau untuk menggunakan saja. Dan jika ada permasalahan yang terjadi mereka tidak bisa melakukan apa-apa. Permasalah yang terjadi waktu itu adalah mail server tidak dapat lagi mendownload e-mail dari mail server relay (yang sampai sekarang gw gak tau apa). Sejak itu webmail hanya digunakan untuk keperluan simpan data saja karena sudah tidak bisa lagi mengirim e-mail keluar.
Begitulah perjuangan gw dan teman-teman gw berkuliah di UNAI selama kurang lebih 4 semester tanpa koneksi internet. Yang paling menyedihkan adalah sewaktu ada tugas dari dosen yang mengharuskan kita mencari sumber di internet. Kami harus pergi ke bandung untuk mendapatkan koneksi internet, itu juga harus membayar warnet yang tidak murah harganya. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke Bandung. Perjalanan dari UNAI ke Bandung membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam berarti pulang pergi 2 jam hanya untuk mengakses internet!

Tapi sekarang kita sudah mempunyai koneksi internet 24 jam sendiri. Koneksi yang kita milki menggunakan VSAT dan dengan bandwidth sebesar 512kbps. Dengan adanya koneksi ini, seluruh rumah dosen dan kantor-kantor di unai dapat mengakses internet dengan mudah. Dan tentu saja lab komputer terhubung dengan internet.

Oh iya, kita menggunakan koneksi kabel ke rumah-rumah dosen. Jenis kabel yang kita gunakan adalah kabel FTP dari AMP dan juga UTP dengan merk Belden. Rencananya proses pembangunan jaringan ini akan saya tulis dalam posting sendiri.

No comments: