Thursday, December 28, 2006

Nyobain Ubuntu 6 & Fedora Core 6 di VMware

Aduh.... Sebenarnya malu nich nyeritain kalo gw baru nyobain Fedora Core 6 baru2 ini. Padahal release datenya ud dari kapan? Maklum selama bulan2 terakhir ini gw jarang ngakses websitenya fedora, jadi baru tau kalo Fedora Core 6 itu udah ada (Hiks...hiks...hiks telat banget ya).
Tapi tetep aja lebih baik telat daripada gak sama sekali ya.... Rasanya gak sabar waktu nunggu cd-cd Fedora Core 6 di download. Tau aja dengan bandwidth UNAI yang hanya 512kbps butuh berapa lama untuk mendownload 5 CD, yang satu CDnya bisa ampe 700MB-an.

Wuih.... jadi gak enak gw ama pengguna internet di UNAI yang lain, bukan maksudnya gw untuk menghabiskan bandwidth yang ada kok. Gw khan downloadnya dari tengah malam ampe jam 5 doang. Dijamin deh disitu pada gak ada yang bangun :)

Eh nyimpang dikit ye... Kalo masalah download mendownload ini gw jadi inget waktu ngobrol2 ama Bang JimmyPurba
Pengen nangis gw kalo dia ceritain kalo ngedownload 1 ISO DVD cuman butuh 5-10 menit aja di US sana. Maklum deh bang disini Indonesia, beda dengan Amrik yang barangkali download servernya cuman beda state doang, trus linenya pake fiber optic lagi (hehehe)

Nah kembali ke Fedora Core 6. Setelah ke 5 CD itu selesai di download maka mulailah saya menginstalnya di program virtual machine kesayangan saya VMware :). Mulai dari proses boot Fedora Core 6 sudah membuat saya terkesan dengan logo barunya itu, sebenarnya ud lama sich logo "f" nya di ganti cuman gw baru liat aja digabungin dengan desain barunya itu yang katanya sich idenya diambil dari DNA.



Sebenarnya gw punya screenshot dari tiap langkah instalasi Fedora Core 6 ini cuman berhubung sudah ada yang menyediakannya disini, jadi gw merasa gak perlu lagi khan. Tapi kalo mau ada yang mau request sich boleh2 aja. Nah di bawah ini adalah screenshot dari halaman login Fedora Core 6, desain halaman loginnya menurut gw cukup bagus lho. 
Rencana berikutnya gw mau migrasi server menggunakan Fedora Core 6 ini, ada 
beberapa fitur2 barunya yang menyebabkan gw mau pindah ke Fedora Core 6 ini. 

Tapi kayanya lebih enak dibahas kalo gw memang bener2 ud migrasi sistem aja ya....
Jadi udahan dulu bahas Fedora Core 6nya ya.




Sekarang ke masalah Ubuntu 6 ini. Gw sebenarnya ud nyobain Ubuntu 6 ini ud lebih 2/3 bulan lalu, cuman berhubung gw belum pernah posting ini di blog gw, jadi gak papa khan dijadiin satu ama ama posting Fedora Core 6. Sekalian buat si Ari (Kuleng) ngiri...  Huahahahaha, ud pernah nyobain gak? 

Nah di bawah ini gw kasi screenshot halaman loginnya aja yah... Biar penasaran :)


 
Pokoknya gak salah deh Ubuntu tetap menjadi distro linux no 1. Mulai dari desain fungsi dan aksesibilitasnya benar-benar terbukti handal :P

No comments: