Thursday, February 08, 2007

Jakarta Banjir Air, Disini Banjir Kerjaan (2)

Nah... Setelah data-data yang diperlukan sudah dicopy terutama konfigurasi-konfigurasi dan direktori email user gw jadi agak tenang, karena hal yang paling penting bisa diselamatkan. Nah walaupun server backup bisa menjalankan fungsi sebagai gateway dan sharing dengan baik tapi masih belum bisa menjadi mail server backup.

Jadi, akhirnya yang gw lakukan adalah install mail server dari awal !!! Keliatannya sich males banget, tp berhubung gw ud ada pengalaman sedikit jadi gw yakin kalo bisa menjalankan dengan waktu yang tepat. (Bayangkan aja proyek mail server ini tadinya adalah skripsi gw)

Setelah bergumul dengan script-script dan command-command yang begitu banyak itu, akhirnya konfigurasinya selesai juga. Walaupun pada tahap terakhir ada fungsi2nya yang belum sempurna, tapi yang pasti pengguna ud bisa menggunakan fasilitas email mereka.

Tapi mail server juga belum cukup, masih ada banyak konfigurasi menunggu. Mulai dari fungsi web filtering, dns, MRTG, banwdwithd.

Jadi bersambung lagi ya.... (soalnya ud mau pulang nich)

No comments: