Monday, July 02, 2007

Arghhh..... ":@#$%^{'|)*!?>,< Pusying...

Sesuai dengan judul post ini, begitulah keadaan dari otak gw sekarang ini. Pusying... pusying... dan pusying... Walaupun sekarang itu masa liburan kuliah, tapi tetap aja kerjaan gak berkurang, tapi tambah banyak. Huh.... Selain kerjaan rutin, di summer ini kerjaan bertambah banyak dengan proyek-proyek yang harus dikerjakan.

Sekarang ini gw lagi ngerjain sistem administrasi akademik berbasis web di UNAI. Walaupun sebenarnya sistem administrasi terkomputerisasi sudah ada, namun banyak hambatan untuk dapat mengimplementasikannya secara menyeluruh. Mulai dari masalah jaringan yang belum stabil, instalasi software yang susah, interface yang tidak "user friendly", sampai masalah klasik yaitu "gaptek". Yah, tapi tetap aja kita harus optimis dalam menjalani pekerjaan (betul gak), moga-moga aja dengan adanya software yang berbasis web ini nantinya UNAI jadi makin maju (cielieh.... hehehe).

Mmm... Sekarang gw pengen nyeritain masalah software ini yah... Gw pengen "refreshing" sejenak dan menuangkan unek2 gw di blog ini.

Setelah sekian lama gw gak pernah "coding" setelah melewati masa-masa S1 (alah... gaya banget), akhirnya gw harus nostalgia dengan PHP + MySQL dan teman-temannya. Sebenarnya sich "coding" itu salah satu kegiatan favorit gw dari dulu, gw paling seneng namanya yang ama if else dan temen2nya itu. Tapi berhubung kerjaan gw sebelumnya gak pernah menuntut coding-coding ini yah jadinya gw lupa-lupa inget (huu... emang dasarnya ud pelupa) cara coding yang baik dan benar (yang harus object oriented lah, dll).

Sebenarnya kerjaan gw yang satu ini sich susah-susah gampang, soalnya gw "hanya" menggunakan database yang existing (yang sudah ada). Kemudian membuat tampilan berbasis web yang mudah digunakan. Pemrograman PHPnya sendiri sich gak terlalu susah, banyak resources yang bisa dijadikan panduan dalam memprogram. Yang menjadi masalah itu adalah konektivitas yang menggunakan odbc untuk databasenya karena gw menggunakan Microsoft SQL Server 2000 sebagai databasenya. Masalahnya sich cuman waktu mau query ke database aja, di bagian yang lainnya codingnya hampir sama. Dan kebetulan gw harus mensupport ke dua jenis database ini (MySQL dan MSSQL), karena tampilan nilai online di online.unai.edu harus menggunakan MySQL... Dan jadilah gw harus mendevelop untuk dua-duanya...

Cukupp.... cukuplah membahas mengenai hal-hal yang memusingkan itu...

Oh iya, sebagai hiburan sekalian memperindah tampilan interface web, gw mulai mendesain beberapa tampilan dasarnya... Desain awalnya itu seperti ini... Seperti yang sekarang digunakan di online.unai.edu.


Nah ini dia tampilan login untuk mahasiswa. Ada yang merasa familiar?
Hehehe... Tampilannya emang berdasarkan dari halaman login Wordpress (duh jadi malu...)


Kemudian ada juga halaman login untuk dosen, tampilannya hampir sama, yang membedakan cuman nama modulnya aja... ;)

Nah yang berikut ini interface bagian dalamnya (ps. perhatikan ada sesuatu yang "gak pas" di gambar di bawah?)


Sekian dulu ya.... Silahkan beri ide, komentar, kritik dan saran....

No comments: