Wednesday, July 04, 2007

Oh... Ini toh gunanya NetStumbler

Mmm... Kayanya baru dua hari yang lalu ya gw nulis (ato ngetik? bodo ah...) di blog ini, tapi gpp lah mumpung gw lagi rajin nulis. Yah tau aja kalo gw juga kemalasan untuk menulis blog ini juga seringkala melanda... Hehehe

Mmm... Ud hampir dua bulan setelah di ada instalasi wireless network yang baru di UNAI. Instalasinya sendiri dilakukan oleh ats-com (ggp lah sekalian promosiin mereka ;)), yang biayanya sekitar xxx (censored) maaf ya yang ini rahasia perusahaan. Sebenarnya untuk wireless network sendiri di UNAI sudah ada lama, menggunakan DLink-2100AP sebagai Access Pointnya dan menggunakan antenna panel sekitar 10db (kalo gak salah ya...). Alatnya sendiri ada tiga unit dan semuanya masih diletakkan di dalam bangunan yang strategis (alah....)

Nah sekarang apa yang beda dengan instalasi wireless network yang baru ini? Yang beda itu adalah kita sekarang menggunakan alat-alat yang sudah outdoor dan sekarang diletakkan diatas bangunan-bangunan. Posisinya ada di atas gedung perpustakaan dan kemudian diatas GOR. Alat-alatnya sendiri sebenarnya gak beda banget dengan alat yang indoor, access pointnya menggunakan Linksys WRT54GL dan diinstall DD-WRT (duh... pengen buat tutorial untuk konfigurasinya sich sebenarnya). Kemudian antenna yang digunakan adalah antena panel yang 16db.

Wah... kayanya gw ud menyimpang jauh nich dari judul post ini. Abis gak asyik kalo gak diceritain latar belakang gw menggunakan Netstumbler ini. Netstumbler ini sebenarnya merupakan software yang serbaguna dan banyak direkomendasikan untuk digunakan sebagai alat survey untuk wireless network. Kenapa direkomendasikan? Tentu saja karena Netstumbler menyediakan "pitur-pitur" yang bermanfaat untuk keperluan wireless network analysis. Pertama kali install program ini mungkin dua tahun yang lalu dan waktu itu masih bingung gunanya buat apa. Walaupun tau fungsi program ini untuk mendetect wireless network yang ada, tapi masih juga meragukan fungsinya. Karena gw pikir apa bedanya dengan yang bawaan Windows kalo cuman untuk mendetect wireless network aja?

Nah ini guna Netstumbler (Sesuai dengan urutan Usage & Configuration Examplesnya) :

  • Wireless LAN Auditing
    • Pemilik dari wireless LAn dapat menggunan NetStumbler untuk memverifikasikan bahwa sebuah area tercover dengan signal yang bagus. Netstumbler juga dapat digunakan untuk melihat seberapa jauh coverage area diluar daerah yang dituju
  • Wireless LAN Coverage Verification
    • Pemilik dari wireless LAn dapat menggunan NetStumbler untuk memverifikasikan bahwa sebuah area tercover dengan signal yang bagus. Netstumbler juga dapat digunakan untuk melihat seberapa jauh coverage area diluar daerah yang dituju
  • Sitesurvey
    • Ketika melakukan instalasi atau troubleshooting dari sebuah wirelss LAN, adalah hal yang penting untuk menentukan lokasi dan channel yang sedapat mungkin menghindari interference (gangguan sinyal). Site survey biasanya termasuk mencari tahu apa yang sudah ada (microwave ovens, cordless phones, radio hams) yang menggunakan frekuensi radio seperti wireless LAN. Sebuah survey harus dilakukan sebelum instalasi dari wireless LAN yang baru, dan kemudian survei selanjutnya sebaiknya dilakukan sesudah instalasi. Site survey secara menyeluruh mengharuskan hardware yang khusus sepert RF spectrum analyzer, tapi Netstumbler dapat juga digunakan sebagai bagian dari site survey.
  • Wardriving
    • Wardriving adalah "olahraga" yang mendeteksi dan/atau mencari lokasi dari wireless LAN. Netstumbler adalah alat yang sangat populer untuk wardriving, karena kegunaannya dan integrasi GPS.
  • Antenna Positioning
    • Ketika memasang antena, NetStumbler dapat digunakan untuk membantuk mendapatkan posisi dan sudut yang paling baik.
Wuih... banyak juga ya gunanya. Ternyata memang tool yang satu ini memang sangat berguna. Jaringan yang ada dapat diklasifikasikan berdasarkan channel, SSID dan kemudian kita bisa melihat apakah jaringan itu terenkripsi atau tidak. Yang gw rasakan paling bermanfaat itu waktu melakukan Wireless LAN coverage verification dengan cara "berjalan-jalan" keliling kampus. Kita bisa tau berapa kekuatan signal dari AP itu sebenarnya dan langsung tercatat statistik kekuatan signal dan waktunya (enak ya....) , bukan hanya dari indikator Low, Good, Very Good, Excellent (Windows banget).

Andaikata gw juga punya alat GPS juga, Netstumbler ini juga bisa terintegrasi dengan baik dan kemudian kita bisa langsung membuat peta coverage wireless LAN ini (Wow!!)

Nah sekian dulu ya post gw kali ini, sebenarnya gw mau kasi screenshot waktu sitesurvey. Tapi lain kali aja ya... Kalo ada yang penasaran request di comment :D

2 comments:

Anonymous said...

mana screenshot waktu sitesurvey nya..

Anonymous said...

keren sih tapi saya blom begitu ngerti sir ..
maklum baru smster 1 @FTI UNAI..
jd pgn bljar byk sama sir .. hhe





-panji rakhmat soleh-