Wednesday, October 19, 2011

Mengatasi Masalah Logon Message "The terminal server has exceeded the maximum number of allowed connections"


Seringkali ketika kita mengakses Microsoft Windows Server secara remote, tulisan "The terminal server has exceeded the maximum number of allowed connections" muncul. Sehingga kita tidak bisa mengakses komputer tersebut secara remote, ini situasi yang tidak mengenakkan bagi Administrator yang mengandalkan Remote Desktop Connection untuk mengakses servernya.

Sebenarnya pesan itu disebabkan karena server membatasi koneksi remote yang aktif. Apabila pada saat kita melakukan Remote Desktop dan mengakhirinya dengan hanya menekan tombol close, tanpa melakukan logout terlebih dahulu. Maka Windows akan mencatat bahwa masih ada user yang terkoneksi. Dan jumlah koneksi inipun dibatasi jumlahnya.

Walaupun pembatasan dilakukan pada sesi Remote Desktop, pada sesi console banyaknya user yang melakukan remote tidak dibatasi. Oleh karena itu kita bisa melakukan trik berikut ini apabila terjadi masalah.

Klik Windows -> Run

Kemudian ketikan mstsc /v:00.00.00.00 /f -console

Dimana 00.00.00.00 merupakan IP address dari komputer yang anda ingin remote.

Perintah ini akan menggunakan sesi console untuk masuk ke dalam komputer yang anda remote dan setelah itu anda dapat membuka Terminal Service Manager untuk mereset user yang "nyangkut" tadi.

Selamat Mencoba!


Referensi:




No comments: