Monday, February 05, 2007

Jakarta Banjir Air, Disini Banjir Kerjaan (1)

Memang bulan februari ini dimulai dengan awal yang gak menyenangkan. Jakarta banjir, banyak saudara2 gw dan teman2 gw juga terkena banjir. Tapi yang gak disangka2 gw jadi banjir kerjaan disini.

Ini semua dimulai karena server gateway UNAI sejak hari Kamis sore yang lalu down, padahal tadinya gak ada masalah apa2. Yang buat makin kesel itu gw ud ada firasat harus backup data itu dari awal tahun ini, tapi gw lupa terus untuk ngelakuinnya. Gara2 jumlah server yang ada disini terbatas, jadinya server yang satu ini megang peranan yang paling penting karena merupakan gateway+proxy+dhcp server+mail server). Nah lho semua2nya disitu khan?

Hmmm.... Setelah coba ngutak-ngutik sebentar akhirnya gw putusin untuk langsung pake server backup aja. Untuk aja di server backup ini ud ada proxynya, jadi untuk masalah koneksi ke internet, client langsung bisa make. Tapi tetep aja gw harus ngambil data-data dari server yang rusak tadi.

Setelah nyari beberapa solusi untuk bisa restore data dari hard disk server akhirnya dengan menggunakan cd fedora core 4 dan perintah "linux rescue" dari boot awal. Akhirnya data2 pun bisa diambil ke hard disk lain.

Bersambung ya...

No comments: