Friday, February 09, 2007

Jakarta Banjir Air, Disini Banjir Kerjaan (3)

Mmhh... Ngelanjut lagi ceritanya nich.
Di server gateway sebelumnya (yang rusak itu) program yang digunakan sebagai proxy adalah Squid+Squidguard+Privoxy . Di server backup, Squid sudah berjalan dengan baik namun squidguard dan privoxynya belum ada. Walaupun berdasarkan pengalaman squidguard dapat menjadi filter yang baik, namun gw juga ingin mencoba untuk menggunakan program yang lain yaitu dansguardian.

Setelah menggunakan dansguardian, gw menyadari bahwa dansguardian ini cara kerjanya cukup unik. Dimana program ini menentukan filternya dengan menggunakan berat kata-kata yang ada di alamat atau halaman website tersebut. Cukup ampuh sepertinya, daripada squidguard yang hanya mengandalkan daftar black list.

Tapi walaupun cara kerjanya ampuh, ternyata ada sisi negatifnya juga. Beberapa jam setelah dijalankan gw dapat laporan pertama dari Doan kalau dia gak bisa posting testimonial ke arthur di friendster. Besoknya ada lagi laporan dari Lova kalau dia gak bisa buka email yahoonya gara-gara Dansguardian.

Hal-hal yang seperti ini nich yang buat pusing kepala. Padahal waktu gw coba, semuanya baik-baik aja. Tapi gak apa2 lah daripada server gateway jalan gak ada filternya bisa gawat nanti.



No comments: